Kamu Pengguna Hijab Sifon? Begini Tips dan Trik Merawatnya Agar Tidak Cepat Rusak

Kamu Pengguna Hijab Sifon? Begini Tips dan Trik Merawatnya Agar Tidak Cepat Rusak
Sifon atau Chiffon adalah salah satu jenis kain hijab yang banyak dipakai oleh wanita berhijab. Bahannya yang terkenal ringan dan lembut membuat sifon tidak hanya cocok dengan outfit apapun, tapi juga nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Kain yang tipis membuat hijab sifon jadi mudah rusak kalau kamu tidak hati-hati dalam merawatnya. Karena membersihkan noda yang nempel di hijab sifon ada trik nya loh.

Mau tau tips dan trik dalam merawat hijab sifon agar tidak cepat rusak? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Cuci Hijab Sifon dengan Tangan

Dalam merawat hijab yang berbahan sifon, sebaiknya kamu menghindari mencuci dengan menggunakan mesin cuci. Karena mesin cuci terlalu kasar untuk bahan sifon yang terbilang lembut demi mencegah kerusakan. Alangkah baiknya cuci hijab sifon secara manual dengan menggunakan tangan. Kamu juga harus memisahkan hijab berwarna putih dengan warna yang lain dan rendam didalam wadah yang sudah diisi detergen lembut. Kucek dengan tangan dan bilas hijab hingga bersih.

2. Hindari Menjemur Langsung di Bawah Terik Matahari

Ketika hijab sudah bersih, langsung saja jemur hijab sifon nya ya. Menjemur nya juga perlu hati-hati loh. Bahan hijab sifon yang tipis dan lembut sebaiknya hindari menjemur langsung dibawah sinar matahari. Sebaiknya keringkan hijab ditempat yang teduh dan berangin. Warna hijab sifon kamu akan cepat memudar jika dijemur langsung terkena paparan sinar matahari.

3. Setrika Hijab dengan Suhu Yang Rendah

Sebaiknya setrika hijab sifon dengan suhu rendah dan jangan setrika secara langsung. Bahannya tipis dan rentan rusak terlebih mudah terbakar. Sebaiknya lapisi hijab sifon dengan menggunakan kain lain sebelum kamu menyetrikanya.

4. Simpanlah dengan Cara Digantung

Selesai disetrika, kamu bisa langsung menyimpannya didalam lemari. Sebaiknya hijab sifon disimpan dengan cara digantung. Hal tersebut dilakukan supaya menghindari kusut atau garis-garis lipatan pada saat hendak dipakai lagi.

5. Gunakan Baby Powder Untuk Membersihkan Noda Minyak Pada Hijab Sifon

Apabila hijab sifon kamu terkena noda minyak, jangan langsung digosok pakai tisu atau kain lap. Sebaiknya taburkan baby powder ke bagian hijab yang terkena noda minyak lalu diamkan beberapa menit. Selanjutnya cuci dengan menggunakan tangan.

6. Fokus Dalam Penggunaan Jarum Pentul atau Peniti

Perlu perhatiaan khusus jika kamu menggunakan jarum pentul atau peniti pada hijab sifon kesayangan mu. Karena benda runcing tersebut bisa merusak serat dari kain sifon itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan jarum pentul atau peniti jangan yang berkarat, agar bahan hijab sifon tetap awet dan juga tahan lama.

Demikian ulasan tentang Tips dan Trik Merawat Hijab Sifon Agar Tidak Cepat Rusak. Semoga bermanfaat bagi wanita muslimah yang membaca artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel