Beredar Video Dinarasikan Penembakan 6 Laskar FPI, Begini Faktanya

Beredar Video Dinarasikan Penembakan 6 Laskar FPI, Begini Faktanya
JanganBaper.com - Sebuah video beredar di media sosial (medsos) yang narasinya dikaitkan dengan peristiwa penembakan enam anggota laskar FPI di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek. Narasi tersebut dinyatakan tidak benar alias hoax.


Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyebut pihaknya telah melakukan pengecekan melalui Dittipid Siber Bareskrim Polri. Menurut Awi, peristiwa itu terjadi di Kolombia.


"Info dari Dit TP Siber, di Kolombia itu," kata Awi kepada wartawan, Rabu (9/12/2020).


Awi tak merinci lebih detail terkait video penembakan tersebut. Namun dia meminta masyarakat tak mudah percaya terhadap informasi-informasi yang belum teruji kebenarannya.


"Kalau dapat posting-an dari medsos, saring dulu sebelum share, cross-check dulu, tanyakan kepada yang kompeten," katanya.


Dalam video itu terlihat bahwa ada seorang pria berbaju dan bertopi hitam menembak dua orang pria. Video tersebut hanya berdurasi 5 detik.


Terdengar beberapa kali letusan tembakan yang diarahkan ke tubuh dua korban. Awalnya, pria berbaju dan topi hitam menembak dada seorang pria berbaju abu-abu.


Sementara itu, pria satu lagi ketika hendak lari juga ditembak dari belakang. Mendapat serangkaian tembakan, dua orang pria yang menjadi korban itu langsung terkapar.


Ternyata video tersebut juga pernah diklaim terjadi di Rancaekek, Kabupaten Bandung. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun telah menyelidiki kebenaran video tersebut.


"Faktanya, dikutip dari Instagram Humas Polda Jawa Barat yang melansir pemberitaan dari laman primerooriente.com (29 Januari 2020), diketahui kejadian tersebut terjadi di dekat Taman La Judea, daerah perkotaan El Santuario Antioquia, Kolombia. Berdasarkan penelusuran fakta, sebuah situs berita menyebutkan kejadian tersebut terjadi pada tanggal 28 Januari 2020 di Dekat Taman La Judea, daerah perkotaan El Santuario Antioquia Kolombia," terang Kominfo seperti dilihat di situsnya. [dtk]

Tim Redaksi
Dukung WEB ini agar terus berkembang dalam memberikan berita terbaru dengan cara donasi melalui GoPay ke No: 085158352332

Related Posts