Contoh Banner

Setelah 35 Tahun, Kota Tebing Tinggi Kembali Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-37

Setelah 35 Tahun, Kota Tebing Tinggi Kembali Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-37
Setelah 35 Tahun, Kota Tebing Tinggi Kembali Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-37
Setelah 35 Tahun, Kota Tebing Tinggi Kembali Jadi Tuan Rumah MTQ Ke-37
Kota Tebing Tinggi kembali menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan digelar mulai tanggal 5-11 September di Lapangan Merdeka.

MTQ ke-37 tahun 2020 ini, Kota Tebing Tinggi menjadi tuan rumah untuk yang ketiga kalinya.

Ketua Yayasan Panti Asuhan Amaliyah Kota Tebing Tinggi, Eddy Syofian mengatakan, Lapangan Merdeka adalah saksi sejarah tempat berlangsungnya MTQ di Kota Tebing Tinggi.

"Dalam ingatan saya sebagai putra daerah, kota ku ini sudah tiga kali menjadi tuan rumah MTQ," kata Eddy melalui keterangannya, Jumat (4/9).

Eddy menceritakan, Kota Tebing Tinggi pernah menjadi tuan rumah MTQ pertama tahun 1974. Saat peralihan kepemimpinan Walikota Tebing Tinggi Sanggup Ketaren yang habis masa jabatannya dan dipercaya menjadi Walikota Siantar, kepada penggantinya sosok PNS muda dari Kemendagri yang ditunjuk menjadi Pj Walikota Tebing Tinggi, Amiruddin Lubis.

"Kedua, 11 tahun kemudian (1985), kembali Kota Tebing Tinggi menjadi tuan rumah MTQ," jelasnya.

Menurut Eddy, pada tahun 1985 inilah Kota Tebing Tinggi menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara yang paling akbar. Seluruh komponen masyarakat dan pejabat di provinsi merasa ikut terlibat mensukseskan even akbar ini.

"Media setiap hari melaporkan perkembangan persiapan hingga pelaksanaan MTQ. Mulai Pangkowilhan I Letjen TNI Soesilo Soedarman hingga seluruh Muspida Provinsi hadir," ujarnya.

Yang menarik dari MTQ saat itu, kata Eddy, partisipasi warga Tebing Tinggi cukup besar. Berbagai tempat ada dapur umum. Warga kota banyak menyumbangkan bantuan berupa sembako, tikar dan lainnya untuk para kafilah dari berbagai kabupaten/kota.

"Bahkan rumah penduduk dijadikan tempat pemondokan para kafilah. Di depan rumah atau toko sepanjang jalan protokol dari pintu masuk kota dihiasi bendera dan umbul-umbul," ujar Eddy.

Setiap malamnya, lanjut Eddy, ribuan masyarakat hadir di Lapangan Merdeka. Saat itu pula warga kota bangga karena salah seorang putra Tebing Tinggi Drs. Muhummad Yusuf R terpilih juara MTQ dewasa tingkat provinsi dan mendapat penghargaan menunaikan ibadah haji.

"Walikotanya saat itu Drs. H. Amiruddin Lubis yang sudah menjabat 11 tahun dan akan mengakhiri masa pengabdiannya. Ia memang sosok pemimpin visioner yang dicintai warganya. Banyak prestasi yang diukirnya hingga kota ku ini mendapat penghargaan tertinggi dari pemerintah berupa Parasamya Purna Karya Nugraha dan penghargaan-penghargaan lainnya," ungkapnya.

Eddy Syofian pun merasa bangga karena tahun 2020 ini Kota Tebing Tinggi kembali menjadi tuan rumah MTQ ke-37 setelah 35 tahun penantian.

"Kota ku ini kembali dipercaya menjadi tuan rumah MTQ di bawah kepemimpinan bapak Ir H Umar Zunaidi Hasibuan. Kami sampaikan selamat atas prestasi dan amanah umat ini. Meski suasana akan berbeda dibanding masa 35 tahun yang lalu. Namun kita berharap warga kota turut serta menyambut dan menyemarakkan MTQ ini. Ini bukan pestanya pejabat tapi syiarnya agama Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin," katanya.

Untuk mensukseskan MTQ ke-37 ini, Eddy Syofian mengajak warga kota untuk menyambut para kafilah dengan keramahan, menjaga kota agar tetap aman, bersih, dan penuh keakraban.

Lebih dari itu, lanjut Eddy, melalui MTQ ini akan menggugah para orang tua untuk mempersiapkan anak dan cucunya tidak buta alquran. Dan menjadikan setiap rumah warga muslim Kota Tebing Tinggi memiliki minimal 1 orang putra/putri sebagai hafidz quran atau penghafal quran.

"Semoga kota ku ini disinari cahaya dan diturunkan berkah dari Allah. Kini sosok mantan Walikota yang fenomenal ini berusia 84 tahun (duduk kursi roda). Masih sehat selaku Ketua Pembina Panti Asuhan Amaliyah yang ia dirikan (1982) mengucapkan selamat kepada Pemko Tebing Tinggi dan warga kota atas penyelenggaraan MTQN tingkat Prov Sumut ke XXXVII (37). Semoga sukses dan diridhoi Allah," kata mantan PJ Walikota Tebing Tinggi itu. [rml]