Jangan Pernah Lakukan 4 Hal Ini Jika Tidak Ingin Salah Kaprah

Jangan Pernah Lakukan 4 Hal Ini Jika Tidak Ingin Salah Kaprah
JANGANBAPER.COM - Setelah dunia di hebohkan dengan virus corona termasuk juga Indonesia, masyarakat pun dibuat menjadi panik dan khawatir. Karena terlalu khawatir nya, tidak sedikit dari kita yang mungkin langsung bergegas belanja membeli kebutuhan seperti makanan, obat-obatan, masker mulut, snack, hingga sabun pencuci tangan (hand sanitizer) di supermarket terdekat.

Saat ini muncul fenomena masyarakat yang membeli kebutuhan tersebut dalam jumlah yang cukup banyak bahkan terkesan berlebihan. Hal tersebut sangatlah disayangkan, dan menjadi pertanyaan apakah harus seperti itu?

Regina Phelps yang merupakan Pandemik Planner dan Pakar Manajemen Krisis mengatakan bahwa kegiatan membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan sampai menimbun barang dalam jumlah besar adalah respon alami ketika seseorang dalam kondisi krisis. Regina pun menganggapnya sebagai hal yang tidak perlu.

Dilansir dari CNBC, Regina mengatakan "Jadi saat ini, orang-orang melakukan hal-hal sangat konyol."

Lantas, hal apa saja yang tidak perlu kita lakukan saat menghindari virus corona? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Membeli Masker Dalam Jumlah Banyak Saat Tidak Sakit


Jangan Pernah Lakukan 4 Hal Ini Jika Tidak Ingin Salah Kaprah

Sekilas kamu pasti berpikir bahwa menggunakan masker saat tubuh sehat dapat membuatmu terhindar dari virus corona. Namun, pembelian masker yang berlebihan pada saat keadaan tubuhmu dalam keadaan sehat adalah tindakan yang tidak tepat.

WHO yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia juga menyarankan supaya kamu tidak perlu memakai masker bila sedang tidak sakit, atau tidak merawat seseorang yang sakit. Sebaliknya, kamu harus memberikan masker kepada orang yang memang sedang sakit. Jadi, hindari kebiasaan yang tidak perlu ini ya!

2. Membeli Filter Udara Yang Mahal


Jangan Pernah Lakukan 4 Hal Ini Jika Tidak Ingin Salah Kaprah

Sebagian besar orang mungkin mempercayai bahwa penggunaan filter udara High Efficiency Particulate Air (HEPA) bisa mengurangi resiko terjangkitnya virus corona melalui udara. Karena semakin banyak penjual alat ini yang mengklain hal tersebut.

Betul kalau alat ini bisa memperbaiki bahkan meningkatkan kualitas udara. Namun, alat ini tidak mempunyai fungsu untuk 100% membunuh virus, termasuk virus corona.

"Sebagian besar filter udara tidak memiliki kekhususan mikron untuk benar-benar membunuh virus, sehingga filter udara tidak akan membantu," ungkap Regina.

3. Membeli Berbagai Produk Pembersih Secara Gila-gilaan


Jangan Pernah Lakukan 4 Hal Ini Jika Tidak Ingin Salah Kaprah

Ketika virus corona muncul, memang kita dianjurkan untuk terus menjaga kebersihan tubuh (khususnya tangan). Tapi, banyak orang yang salah menafsirkan anjuran tersebut dengan membeli berbagai macam produk pembersih atau antiseptik.

Padahal, saat ini yang kamu butuhkan adalah sabun cuci tangan dan cairan antiseptik seperti hand sanitizer. Jadi, kamu tidak perlu membeli produk pembersih terlalu banyak ya!

4. Membeli Stok Makanan Yang Tidak Kamu Sukai


Jangan Pernah Lakukan 4 Hal Ini Jika Tidak Ingin Salah Kaprah

Saat ini mulai terlihat banyak orang yang mulai memborong berbagai macam kebutuhan makanan dalam jumlah yang sangat banyak di toko-toko maupun supermarket. Bahkan ada pula dari mereka yang sengaja membeli makanan yang mungkin tidak mereka sukai, hanya sekedar untuk menambah stok makanan saja.

Mungkin dia membelinya supaya merasa aman saat menyebarnya virus corona ini. Tapi apakah kamu yakin akan menghabiskan semua makakan tersebut?

Jadi, dari pada kamu membeli banyak makanan kaleng yang belum tentu kamu sukai, maka sebaiknya beli bahan makanan yang sudah pasti akan kamu makan.

Demikian ulasan ini JanganBaper.com berikan kepada kamu. Agar tidak salah kaprah dalam mengambil tindakan pada saat virus corona mulai menyebar kemana-mana. Jadi, tetap santai dan waspada ya Bapers!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel